Sengkarut Pohon Trembesit

Saya pasti menulis bahwa artikel ini ditulis karena ketidaksepakatan dengan program pemerintah mengenai reboisasi dengan pohon trembesi atau inisiatif pengembang untuk menaungi lingkungan hidup kita untuk menanam pengembang di pohon Trembesi di sepanjang jalan perumahan. Kenapa saya tidak setuju?

1. Trembesi adalah spesies yang tumbuh cepat, dengan akar rendah, menyebar di mana-mana, merusak fondasi bangunan dan bahkan mengangkat permukaan jalan. Perkebunan Trembesi, yang relatif dekat dengan sisi rumah kami, dapat merusak fondasi rumah.

Penanaman pohon Trembesi saat ini tidak hanya tren di lingkungan domestik, tetapi juga dimulai di jalan nasional, jalan provinsi dan bahkan di Regentschaftsstra´┐Żen, yang ditanam dengan Trembesi. Bahkan sebuah perusahaan rokok nasional dengan bangga menanam Trembesi di beberapa puluh kilometer di berbagai jalur sebagai bagian dari program CSR-nya.

Apakah mereka sadar bahwa mereka tidak, jika akar trembesi sangat kuat untuk menaikkan jalan beraspal dan jalan beraspal? Bahkan, Trembesi adalah pemenangnya jika Anda ingin mendapatkan bayangan dalam waktu yang relatif singkat 3 hingga 5 tahun. Namun, jika Anda tidak khawatir tentang biaya perawatan, jalan membengkak. Dalam hal ini, selain merawat pohon, frekuensi memotong cabang lebih tinggi karena pertumbuhan pohon ini yang cepat, sehingga biaya perawatan pohon juga relatif tinggi.

2. Trembesi adalah pohon bawah tanah yang keranjingan. Trembesi kuat dalam penyerapan air hujan atau air tanah, yang tidak disimpan sebagai cadangan air tanah, tetapi memenuhi kebutuhan pohon-pohonnya dengan cakupan luas yang membutuhkan air tanah untuk pertumbuhan melalui fotosintesis.

Tentu saja, banyak PDAM yang belum dilayani melalui jaringan pipa PDAM menggunakan air tanah dangkal dari sumur, sehingga keberadaan trembesi dapat membahayakan keberadaan mata air bawah tanah dangkal. Faktanya, masalah perairan serakah Trembesi masih menyebabkan pro dan kontra, dan saya termasuk di antara para penentang

3. Trembesi memiliki cabang yang cukup rapuh (mudah patah) hingga membahayakan anak-anak kita saat bermain di bawahnya. Trembesi, yang ditanam di bawah jaringan kabel listrik, sangat mengganggu dan membahayakan keamanan sambungan ketika pertumbuhan melebihi jaringan kabel di atasnya, karena jenis cabang yang mudah pecah dalam angin kencang sangat berbahaya jika rusak kabel listrik.

4. Trembesi, termasuk tanaman agresif dan invasif yang menghambat pertumbuhan spesies lain di bawah atau di sekitarnya. Terutama jika kita ingin menanam pohon buah-buahan atau hortikultura di kayu suar , pertumbuhan pasti akan terhambat jika ada getaran yang berdekatan.

Ingat, Trembesi bukan spesies asli Indonesia, spesies predikat “impor” biasanya tanaman invasif seperti akasia berduri (Acacia nilotica), yang merupakan gulma yang mengancam kehidupan banteng liar di Taman Nasional Baluran Australia mengimpor untuk meminimalkan kebakaran sabana.

Kita perlu tahu bahwa Trembesi digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda untuk memperluas taman hijau (seperti Istana Merdeka) atau situs lelang kayu (TPK) sehingga kayu yang jatuh di bawah pohon Trembesi tidak meledak di panas matahari. Namun, di jalan-jalan utama seperti Jalan Daendels (Pantura), mereka lebih suka menggunakan pohon kenari atau Jawa dengan akar yang dalam dan kanopi yang tidak terlalu lebar tetapi memberikan keteduhan yang cukup tanpa merusak jalan.

Trembesi, yang tumbuh cepat dan besar dalam waktu yang relatif singkat, benar-benar menyumbangkan naungan dan mempengaruhi iklim mikro sekitarnya untuk menyegarkan diri. Trembesi juga merupakan pohon yang telah terbukti menyerap sejumlah besar CO2. Namun, keberadaannya lebih tepat jika ditanam sebagai penghijauan hutan kota, taman atau area terbuka yang relatif besar.

Perlu diingat, bahwa trembesi tidak boleh ditanam secara besar-besaran di lahan terbuka kritis untuk dengan cepat “menghijaukan” mereka, karena sifat serakah mereka dapat mempengaruhi ketersediaan air permukaan bawah tanah bagi masyarakat di sekitarnya. Lebih baik menggunakan berbagai jenis tanaman bambu untuk tanah terbuka kritis. Bambu bukan hanya spesies yang tumbuh cepat, tetapi juga tanaman yang telah terbukti efektif dalam menjaga ketersediaan air tanah (waterwater protection).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*