Tukang Service Kulkas Harus Tahu Komponen Kulkas Ini

 

Modal dasar untuk menjadi tukang service kulkas adalah mengetahui komponen kulkas itu sendiri. Sebenarnya tidak hanya berlaku pada kulkas saja tetapi pada semua barang elektronik seperti mesin cuci, rice cooker, air conditioner, dan masih banyak lagi. Untuk belajar mengetahui apa saja komponen yang ada dalam kulkas hingga kulkas dapat berfungsi dengan baik, banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan cara belajar kursus, bertanya pada teman yang sudah ahli ataupun membaca buku tentang elektronik dan browsing di internet, di era modern ini semua informasi yang di butuhkan bisa dengan mudah di dapat asalkan kita mau berusaha untuk mencarinya.

Setiap komponen yang ada pada setiap barang elektronik, khususnya lemari pendingin atau kulkas ini memiliki cara kerja atau fungsinya masing-masing sehingga alat elektronik ini bisa bekerja untuk menyimpan makanan atau minuman dalam waktu yang lama. Jika anda mengetahi komponen apa saja yang tersusun dalam kulkas, anda akan mengetahui bagian mana yang rusak dan cara memperbaikinya, otomatis anda sudah bisa mulai bekerja sebagai tukang service kulkas. Dibawah ini merupakan beberapa komponen kulkas yang perlu diketahui sebelum anda membuka jasa service kulkas yang terdiri dari 3 bagian, Komponen utama, kelistrikan dan bahan pendukung:

1. Komponen utama terdiri dari kompresor dan evaporator. Kompresor ini, dengan bantuan bahan pendukung freon berfungsi untuk merubah tekanan rendah menjadi tinggi sehingga menghasilkan suhu rendah (dingin). Jika suara mesin kompresor berdengung cukup keras, listrik selalu turun dan hilangnya tekanan maka kerusakan terjadi pada kulkas. Sedangkan evaporator atau kondensator untuk menampung suku dingin dan panas yang berasal dari kompresor. Kerusakan yag terjadi pada alat ini bisa jadi karena usia kulkas yang sudah lama atau kecerobohan pengguna kulkas.

2. Komponen kelistrikan terdiri dari
a. Timer otomatis sebagai alat kontrol kelistrikan letaknya biasanya di dekat kompresor
b. Fuse ini alat otomatis pengatur suhu.
c. Heater Kaca fungsinya untuk mencairkan bunga es. Biasanya hanya ada pada kulkas 2 pintu.
d. Thermostat sebagai alat pengatur suhu. Alat ini dapat memutus arus listrik pada kompresor jika suhu kulkas sampai pada angka yang kita tentukan.
e. Overload dapat memutus arus listrik jika kulkas sampai ke suhu panas yang berlebih. Letaknya menempel pada kompresor.

3. Bahan pendukung juga yang tidak dapat dihiraukan keberadaanya. Pada lemari pendingin terdapat dua komponen pendukung yaitu minyak pelumas mesin dan freon. Pelumas untuk mesin kulkas ini harus menggunakan oli khusus yang tidak bisa diganti dengan oli lainnya. Sedangkan freon berfungsi untuk mengubah tekanan rendah menjad tinggi pada kompresor. Jenis freonnyanya bisa R134 atau R22.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *